Produsen Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Wonosobo

Produsen Kerajinan Logam Melayani Prospek Kabupaten Wonosobo . Kampung Tumang, Cepogo berada di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung Tumang tersebut dikenal sbg sentra pengrajin seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo. Lebih dari satu keluarga Cepogo-Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekedar memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, ceret, and lain-lain tapi sekarang sudah beralih ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan eksterior cafe, gedung, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, masa ini, mulai menarik dgn naiknya orderan, baik orderan nasional maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di NKRI and luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga meningkat sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya yaitu hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka mau memudahkan para industri kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua daerah and manca negara. Teknologi website begitu memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke jakarta pusat. Tak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke salatiga.


Contoh Seni Logam Tembaga yaitu lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, and lain-lain. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka bisa punya design sendiri setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam tembaga begitu bermacam-macam tapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Dibawah ini ini yaitu lebih dari satu faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentu harganya semakin murah dikarenakan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu semakin murah), untuk orderan dari daerah lain di luar Tumang tentu mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lain-lain, perajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa menerima harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, produsen kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai produsen kerajinan tembaga harus inovatif and harus menyesuaikan permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak sekedar menerima orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor tetapi sudah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekedar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan and ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari kutai kartanegara. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery bertambah tahu teknik guna memproduksi kerajinan logam yang berkualiti and cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.