Perajin Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Rejang Lebong

Perajin Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Rejang Lebong . Perkampungan Tumang, Jateng posisinya diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Perkampungan tersebut dikenal sbg pusat pengusaha kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pada publik Tumang, Jateng. Lebih dari satu keluarga Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, panci, baskom, & lainnya walau demikian kini telah beralih ke kerajinan logam buat kebutuhan ornamen masjid, gedung, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, masa ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di Indonesia & luar negeri. Orderan kerajinan tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya adalah hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para produsen kerajinan logam buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah & berbagai negara. Teknologi website sangat memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin barat. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke ternate.


Contoh Kerajinan Logam adalah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen juga bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt memiliki rancangan sendiri setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan sangat bermacam-macam walau demikian AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini adalah banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi karena bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya juga murah karena bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu saja semakin murah), untuk pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu saja auto ditambah ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Permasalahan lain-lain, industri Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa memperoleh harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, ahli kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau keinginan pasar. Masa ini AA Gallery tak sekadar memperoleh pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan interior hotel tapi telah merambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan desain kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari bekasi. Bermodalkan pengalaman puluhan th membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah paham cara untuk memproduksi seni tembaga yang berkelas & cocok yang diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang penting customer puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.