Ahli Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Tabalong

Ahli Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Tabalong . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sbg sentra perajin seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga Boyolali-Jawa Tengah memilih kerja rumahan kerajinan kuningan buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Keahlian mengukir kuningan dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekedar membuat alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, baskom, juga lainnya namun sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam buat kebutuhan ornamen cafe, gedung, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, saat ini, mulai memberi harapan dengan naiknya orderan, baik orderan nasional maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan terus tumbuh pesat. Banyak orderan berdatangan dari bermacam wilayah di NKRI juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yaitu munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi website maka mau memudahkan para ahli kerajinan kuningan buat mengenalkan produknya ke semua wilayah juga berbagai negara. Teknologi website sangat memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bitung. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke mojokerto.


Contoh Kerajinan Logam yaitu lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Konsumen juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat memiliki rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam sangat beraneka ragam namun AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak parameter. Dibawah ini ini yaitu banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu harganya juga murah dikarenakan bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya tentu otomatis ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam juga naik. Problem lain, ahli Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dapat memperoleh harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tsb, perajin kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diwajibkan kreatif juga diwajibkan menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang AA Gallery tidak sekedar memperoleh orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris rumah tetapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan design kubah dapat mengikuti keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak sekedar satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari palopo. Bermodal pengalaman puluhan tahun berkarya seni logam, AA Gallery bertambah mengerti cara guna membuat seni logam yang berkualiti juga cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.