Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Maros

Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Maros . Kampung Tumang, Boyolali posisinya di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tsb disebut sebagai pusat pengusaha seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali. Beberapa family Cepogo mendirikan bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke beragam konsumen. Skill mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, teko, serta sebagainya walaupun demikian sekarang ini telah bertolak ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan asesoris hotel, rumah, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, saat ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari beragam daerah di Indonesia serta luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga semakin signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya adalah hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi internet maka akan menolong para pengrajin kerajinan tembaga untuk menawarkan produknya ke seluruh daerah serta manca negara. Teknologi internet sangat menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke solok. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke padang.


Contoh Seni Logam adalah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat punya design pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam sangat bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ini adalah lebih dari satu faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal karena bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu saja semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya tentu saja auto ditambah ongkir.

Problem para perajin kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Problem lain, perajin Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dpt menerima harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tersebut, ahli kerajinan tembaga kontinyu menginginkan stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif serta diwajibkan memantau permintaan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tak sekadar menerima permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor namun telah merambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang hiasan kubah dpt mengikuti keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekadar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari ternate. Bermodalkan pengalaman puluhan th menghasilkan seni tembaga, AA Gallery semakin tahu metode untuk memproduksi seni tembaga yang bermutu serta cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.