Pengusaha Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Alor

Pengusaha Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Alor . Desa Tumang, Cepogo berada diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg termahsyur . Desa tsb dikenal sbg sentra bisnis kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Tumang membangun usaha rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekedar membuat alat keperluan rumah tangga seperti dandang, wajan, teko, and sebagainya tapi sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan eksterior cafe, rumah, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Cepogo, sekarang ini, mulai memberi harapan dg naiknya orderan, baik orderan lokal ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Negeri Kita and manca negara. Orderan kerajinan logam mengalami kenaikan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yakni munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah and berbagai negara. Teknologi internet sangat memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yg tertolong yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sungaipenuh. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke cilegon.


Contoh Seni Logam yakni robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka bisa punya design pribadi selanjutnya AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin sahaja banyak yg menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan kuningan sangat bervariasi tapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yakni beberapa variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yg digunakan juga banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentunya harganya juga murah disebabkan bahan yg digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya tentunya otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lain-lain, pebisnis Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen bisa mendapat harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan tsb, pengrajin kerajinan tembaga tetap berdoa kondisi ekonomi tetap stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan kreatif and diwajibkan menyesuaikan permintaan prospek. Sekarang ini AA Gallery tidak sekedar mendapat orderan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor tetapi sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg keren yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak sekedar satu sahaja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center tsb sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka setelah itu menjadi sentra kegiatan and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari dumai. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi seni kuningan, AA Gallery semakin paham metode untuk membuat seni kuningan yg memiliki kualitas and cocok yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.