Industri Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Musi Rawas Utara

Industri Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Musi Rawas Utara . Desa Tumang, Boyolali terletak di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal . Desa tsb dikenal sebagai sentra perajin kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali. Lebih dari satu family Boyolali-Jateng mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Ketrampilan mengukir kuningan dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dg cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, & sebagainya tapi sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan dekorasi hotel, kantor, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali, masa ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari bermacam wilayah di Negara Kita & manca negara. Orderan kerajinan logam kuningan meningkat begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya yaitu hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka akan memudahkan para perajin kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi website memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke sorong. Tak cuma tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kutai kartanegara.


Contoh Kerajinan Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka dapat mempunyai desain sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan logam bervariasi tapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Berikut ini yaitu beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu semakin murah), jika pesanan dari wilayah lainnya tentu mau-tidak mau ditambah ongkir.

Permasalahan para pengrajin kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lain-lain, pengrajin Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa mendapat harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tsb, pengrajin kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga harus kreatif & harus memantau permintaan masyarakat. Kini AA Gallery tdk cuma mendapat pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi hotel tetapi sudah bertambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk cuma satu saja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari sungaipenuh. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan seni tembaga, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk membuat seni tembaga yang memiliki kualitas & sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.