Ahli Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Teluk Wondama

Ahli Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Teluk Wondama . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tsb dikenal sbg pusat produsen kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga di sana memilih bisnis di rumah kerajinan logam untuk dijual ke bermacam konsumen. Keahlian menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg cuma membuat alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, teko, serta sebagainya walau demikian kini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan ornamen hotel, rumah, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Kita serta luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan sangat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yaitu adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi website maka ingin memudahkan para produsen kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah serta banyak negara. Teknologi website amat memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke depok. Nggak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke cilegon.


Contoh Kerajinan Tembaga yaitu lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, serta lainnya. Customer juga dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg seleranya. Mereka bisa punya rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam kuningan amat beragam walau demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini yaitu lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi sebab bahan yang digunakan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentunya harganya juga murah sebab bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentunya akan dikenai ongkir.

Problem para pebisnis kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Problem lainnya, pebisnis Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dpt menerima harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tersebut, ahli kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan harus kreatif serta harus menyesuaikan permintaan pasar. Sekarang AA Gallery tdk cuma menerima pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tapi telah merambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk cuma satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka kemudian mjd pusat aktivitas serta ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari tanjung pinang. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni kuningan, AA Gallery bertambah paham cara untuk membuat seni kuningan yang bermutu serta cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.