Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Nias Selatan

Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Nias Selatan . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang terkenal . Perkampungan tersebut disebut sebagai sentra perajin kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pada publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak saudara Tumang memilih kerja rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke bermacam pasar. Ketrampilan menempa kuningan didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dg cuma membuat alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, baskom, & lain-lain walaupun demikian masa ini telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan ornamen restoran, rumah, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menarik dg meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di NKRI & luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan semakin signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya yaitu munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi internet maka mau menolong para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah & manca negara. Teknologi internet cukup menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin barat. Tidak cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pekanbaru.


Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, & lainnya. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg seleranya. Mereka dpt punya desain pribadi AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga cukup beragam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini yaitu beberapa faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lain-lain, ahli Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa memperoleh harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan itu, ahli kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau selera prospek. Sekarang ini AA Gallery tidak cuma memperoleh pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi hotel tapi telah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak cuma satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian mjd sentra kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari metro. Bermodal pengalaman puluhan thn berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu teknik untuk membuat seni tembaga yang berkualitas & cocok yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.