Industri Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Pidie Jaya

Industri Kerajinan Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Pidie Jaya . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah terletak diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg termahsyur . Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai sentra produsen kerajinan tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd publik Tumang, Jawa Tengah. Banyak keluarga Boyolali-Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill mengukir logam didapatkan secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg menjelaskan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, ceret, dan lain-lain namun kini telah mengubah haluan ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan asesoris restoran, kantor, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai menarik dengan naiknya permintaan, baik permintaan nasional maupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia dan manca negara. Orderan kerajinan kuningan mengalami kenaikan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya merupakan munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah dan manca negara. Teknologi internet cukup memudahkan para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yg tertolong merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke manado. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke makassar.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam kuningan cukup beragam namun AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini merupakan banyak faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal dikarenakan bahan yg dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu harganya juga murah dikarenakan bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentu secara otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Problem lainnya, ahli Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dapat mendapat harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pebisnis kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan logam tembaga diharuskan inovatif dan diharuskan memantau permintaan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tdk hanya mendapat permintaan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior hotel namun telah merambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Tentang ukiran kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tdk hanya satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari probolinggo. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu metode guna menghasilkan kerajinan tembaga yg berkualiti dan sesuai yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg urgen konsumen puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.