Ahli Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Lombok Timur

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Lombok Timur . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng terletak di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg termahsyur itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai pusat industri seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pada orang Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Boyolali-Jateng membangun kerja di rumah kerajinan kuningan buat dijual ke bermacam pasar. Ketrampilan menempa kuningan diwarisi secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dg cuma membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, teko, juga sebagainya tapi sekarang telah berganti ke kerajinan logam buat keperluan eksterior hotel, kantor, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, baru-baru ini, mulai menggeliat dg naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di Negeri Kita juga luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga meningkat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya adalah munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi website maka ingin memudahkan para ahli kerajinan kuningan buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi website sangat memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke serang. Tdk cuma itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke binjai.


Contoh Seni Logam adalah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Pelanggan jg bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt memiliki desain sendiri setelah itu AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan tembaga sangat beraneka ragam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini adalah beberapa faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya jg murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu saja juga murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentu saja mau-tidak mau dikenai ongkir.

Problem para perajin kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Permasalahan lainnya, perajin Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa mendapatkan harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, pebisnis kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif juga diwajibkan menyesuaikan keinginan masyarakat. Kini AA Gallery tdk cuma mendapatkan permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel tetapi telah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai ukiran kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tdk cuma satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari pariaman. Berbekal pengalaman puluhan th menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah tahu metode untuk membuat kerajinan tembaga yg bermutu juga cocok yg diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yg urgen customer puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.