Pengusaha Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

Pengusaha Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur . Perkampungan Tumang, Boyolali berada di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tsb dikenal sbg pusat perajin kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali. Beberapa saudara Boyolali-Jateng memilih usaha di rumah kerajinan logam buat dijual ke beragam konsumen. Skill mengukir logam didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dg cuma membuat alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, baskom, & lainnya tapi sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat keperluan ornamen masjid, kantor, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali, sekarang ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan nasional maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh pesat. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di NKRI & manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya yakni hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau membantu para ahli kerajinan logam buat mempromosikan produknya ke seluruh daerah & manca negara. Teknologi internet sangat membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke mataram. Tak cuma itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan kuningan ke bandung.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Pembeli jg dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat mempunyai desain pribadi lalu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam kuningan sangat bervariasi tapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini ini yakni lebih dari satu parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya jg murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harganya jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), jika orderan dari daerah lain sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para ahli kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lainnya, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dapat menerima harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diharuskan inovatif & diharuskan memantau selera prospek. Kini AA Gallery tidak cuma menerima orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan asesoris rumah tapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dapat mengikuti keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak cuma satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari banjarbaru. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik guna membuat seni logam yang berkualitas & sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.