Pengrajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Tana Tidung

Pengrajin Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Tana Tidung . Perkampungan Tumang, Cepogo lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur . Perkampungan tsb dikenal sebagai sentra pengusaha kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo. Lebih dari satu family Cepogo-Boyolali memilih bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Keahlian menempa kuningan dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, alat merebus air, juga lainnya namun saat ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan ornamen cafe, kantor, juga lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo, sekarang, mulai menarik dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di Negara Tercinta juga luar negeri. Orderan kerajinan kuningan mengalami penambahan signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka akan menolong para ahli kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga banyak negara. Teknologi website menolong para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan tembaga ke bandung. Tdk hanya tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke samarinda.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa punya rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam beragam namun AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini yakni beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dipakai semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Problem lain-lain, pengrajin Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dapat mendapatkan harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, produsen kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai produsen kerajinan logam tembaga diharuskan inovatif juga diharuskan menyesuaikan permintaan pasar. Saat ini AA Gallery tidak hanya mendapatkan orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior rumah tapi telah bertambah pd proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang ukiran kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak hanya satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra aktivitas juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari tangerang selatan. Berbekal pengalaman puluhan tahun menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu teknik guna menghasilkan kerajinan logam yang memiliki kualitas juga cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.