Pengusaha Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Luwu Utara

Pengusaha Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Luwu Utara . Desa Tumang, Jateng terletak diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa tsb disebut sebagai sentra produsen seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd khalayak Tumang, Jateng. Lebih dari satu family Cepogo-Jawa Tengah memilih kerja di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke banyak pasar. Keahlian mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, ceret, dan lainnya walau demikian sekarang ini telah bertolak ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan asesoris masjid, gedung, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Jateng, masa ini, mulai menggeliat dg naiknya jumlah permintaan, baik permintaan lokal dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari banyak wilayah di Indonesia dan luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga bertambah begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya merupakan adanya teknologi website. Dg adanya teknologi website maka mau menolong para industri kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi website amat menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke lhokseumawe. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bandar lampung.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga merupakan robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Pembeli juga dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt mempunyai design sendiri selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan kuningan amat beragam walau demikian AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini merupakan lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu harganya juga murah disebabkan bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain tentu secara otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para perajin kerajinan logam nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lain, perajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dpt memperoleh harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan tsb, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam diharuskan kreatif dan diharuskan memantau permintaan masyarakat. Kini AA Gallery nggak hanya memperoleh permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior kantor namun telah merambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak hanya satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari jayapura. Dengan modal pengalaman puluhan tahun berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu teknik untuk menghasilkan seni tembaga yang ber-quality dan cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.