Industri Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Yahukimo

Industri Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Yahukimo . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tsb dikenal sbg pusat industri kerajinan tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara Jawa Tengah memilih bisnis di rumah kerajinan logam buat dijual ke berbagai konsumen. Keahlian menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, ceret, juga lain-lain tapi masa ini telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan dekorasi hotel, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dg naiknya jumlah permintaan, baik permintaan nasional ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Kita juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya yakni hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi internet maka akan memudahkan para ahli kerajinan logam buat mempromosikan produknya ke seluruh wilayah juga banyak negara. Teknologi internet memudahkan para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke pontianak. Tdk sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bengkulu.


Contoh Kerajinan Logam yakni robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dg seleranya. Mereka bisa memiliki desain pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam beraneka ragam tapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini yakni beberapa faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi karena bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentunya harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentunya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan logam kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Problem lainnya, ahli Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa meraih harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tersebut, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan wajib inovatif juga wajib menyesuaikan selera pasar. Sekarang ini AA Gallery tak sekadar meraih permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior hotel tetapi telah bertambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari bukit tinggi. Dengan bekal pengalaman puluhan th membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham metode untuk memproduksi kerajinan tembaga yang berkelas juga sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.