Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Banyuwangi

Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Banyuwangi . Kampung Tumang, Jateng posisinya di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Kampung tsb dikenal sebagai pusat bisnis seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada orang Tumang, Jateng. Lebih dari satu keluarga Jateng memilih usaha di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, ceret, juga sebagainya tapi saat ini telah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat keperluan dekorasi cafe, kantor, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, masa ini, mulai menarik dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Kita juga luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga semakin sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya merupakan munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi internet maka mau membantu para pengrajin kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua daerah juga manca negara. Teknologi internet begitu membantu para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tarakan. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pekanbaru.


Contoh Seni Logam Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Customer jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa punya design pribadi lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu bermacam-macam tapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentunya harganya juga murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentunya semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan logam nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Problem lain-lain, pengrajin Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dpt memperoleh harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, ahli kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam wajib kreatif juga wajib menyesuaikan permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery nggak cuma memperoleh permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan eksterior hotel namun telah merambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah dpt menyesuaikan kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak cuma satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi pusat aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari sibolga. Bermodalkan pengalaman puluhan thn menghasilkan seni tembaga, AA Gallery bertambah paham teknik untuk menghasilkan seni tembaga yang berkelas juga sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen customer puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.