Industri Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Aceh Tenggara

Industri Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Aceh Tenggara . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang terkenal . Kampung tsb diketahui sebagai pusat perajin seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pada khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak family Cepogo memilih usaha di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Keahlian menempa tembaga dimiliki secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, dan sebagainya walaupun demikian sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan asesoris masjid, gedung, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, saat ini, mulai menarik dg meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga terus tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di NKRI dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga semakin sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya yaitu adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi website maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga buat mengenalkan produknya ke semua daerah dan berbagai negara. Teknologi website begitu memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke tidore kepulauan. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kotamobagu.


Contoh Kerajinan Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Customer jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka dapat memiliki rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam begitu bervariasi walaupun demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini yaitu banyak variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan semestinya semakin murah), untuk permintaan dari daerah lain semestinya otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lain-lain, ahli Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt mendapatkan harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, produsen kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan diwajibkan kreatif dan diwajibkan menyesuaikan permintaan pasar. Sekarang ini AA Gallery nggak sekedar mendapatkan permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior rumah tapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekedar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd pusat aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari kotawaringin barat. Bermodal pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui cara guna memproduksi seni kuningan yang memiliki kualitas dan sesuai yang diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.