Produsen Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Tangerang

Produsen Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Tangerang . Desa Tumang, Boyolali lokasinya di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Desa tsb disebut sbg pusat produsen kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada orang Tumang, Boyolali. Lebih dari satu saudara Cepogo-Jawa Tengah mendirikan bisnis rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Skill mengolah logam diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, ceret, & lainnya namun sekarang ini sudah bertolak ke kerajinan kuningan untuk keperluan interior hotel, kantor, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali, akhir-akhir ini, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga terus berkembang pesat. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di NKRI & luar negeri. Permintaan kerajinan tembaga bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya ialah munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi internet maka ingin memudahkan para perajin kerajinan logam untuk mempromosikan produknya ke seluruh daerah & banyak negara. Teknologi internet begitu memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pariaman. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bandung.


Contoh Seni Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Pembeli jg dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat punya design pribadi setelah itu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu beraneka ragam namun AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini ialah beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya juga murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya juga murah), untuk orderan dari daerah lain di luar Tumang tentunya otomatis ditambah ongkir.

Problem para industri kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dapat mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Problem lain, industri Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat mendapatkan harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil shngg nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga diharuskan inovatif & diharuskan menyesuaikan selera konsumen. Sekarang ini AA Gallery nggak hanya mendapatkan orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris rumah namun sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak hanya satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari tomohon. Dengan bekal pengalaman puluhan thn berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui cara untuk memproduksi seni tembaga yang berkualitas & cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.