Industri Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Kotawaringin Timur

Industri Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Kotawaringin Timur . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah posisinya di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yg terkenal . Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai sentra produsen seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pada orang Tumang, Jawa Tengah. Banyak saudara Cepogo-Boyolali memilih bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, and lain-lain akan tetapi saat ini telah beralih ke kerajinan logam untuk keperluan ornamen masjid, gedung, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, sekarang, mulai menarik dengan meningkatnya orderan, baik orderan daerah maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di Republik Indonesia and luar negeri. Orderan kerajinan logam meningkat cukup signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yaitu adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi website maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah and manca negara. Teknologi website sangat memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg tertolong yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tebing tinggi. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bukit tinggi.


Contoh Seni Tembaga yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat punya rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin banyak yg menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam tembaga sangat bervariasi akan tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini yaitu lebih dari satu parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal sebab bahan yg dipakai bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya juga murah sebab bahan yg dipakai juga sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang sudah sewajarnya otomatis ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam akan naik. Problem lain-lain, ahli Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer bisa meraih harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tersebut, ahli kerajinan tembaga kontinyu bermimpi kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam diharuskan kreatif and diharuskan memantau permintaan pasar. Sekarang AA Gallery tidak sekadar meraih orderan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk keperluan interior kantor tetapi telah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak sekadar satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd sentra kegiatan and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari pekalongan. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu teknik untuk memproduksi seni kuningan yg berkualiti and cocok yg diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg urgen customer puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.