Pentingnya Menyalurkan Hobi

Dalam kamus besar bahasa Indonesia online :
Hobi berarti kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama ( http://kbbi.web.id/hobi ) . 
Dalam wikipedia disebutkan bahwa:
Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris "Hobby" (https://id.wikipedia.org/wiki/Hobi)

Setiap orang pasti memiliki hobi, namun tidak semua orang bisa menyalurkan hobinya. Namun tidak sedikit pula orang sukses karena menekuni hobinya ( menjadikan hobi tidak lagi sebagai hobi melainkan sebagai pekerjaannya atau dengan kata lain pada awalnya adalah hobi namun pada akhirnya menjadi sebuah bisnis). Ada yang mengatakan bahwa suatu bisnis yang pada mulanya adalah hobinya maka kebanyakan bisnisnya menjadi berhasil karena orang tersebut mengerjakannya dengan senang hati dan sepenuh hati, ikhlas, dan tidak mengutamakan keuntungan melulu. Benar tidaknya silakan buktikan sendiri he he he ....

Namun yang pasti mengerjakan hobi itu bisa menghilangkan stress, menjadikan seseorang semakin bahagia, menjadikan hidup semakin bermakna, menghilangkan rasa bosan, dan bisa awet muda ( eh bener nggak ? ) Yang penting asal jangan hobi ngegodain istri orang saja ... eits .. itu mah bukan hobi tapi kriminal....he he he ...

Namun jangan lupa menekuni hobi juga bisa membuat orang lupa waktu. Contoh sederhana saja banyak para programer terkadang sampai lupa waktu saat sedang ngoding, tahu-tahu eh sudah subuh ...

Ya itu sekilas tentang definisi dan pentingnya menyalurkan hobi. Sekarang saya ingin share sedikit mengenai hobi saya. Mungkin banyak orang yang suka mancing namun entah kenapa saya tidak suka padahal hobi saya berhubungan juga dengan ikan yaitu memelihara ikan. Saat masih SMP (SLTP ) dulu saya memang sudah mulai memelihara ikan. Saat SMP dulu saya sudah bisa membuat kolam ikan sendiri walaupun asal-asalan namun lumayanlah. Hingga pada akhirnya terputuslah hobi saya tersebut karena saya harus menuntut ilmu ke China Surabaya. Namun pada bulan Juni kemaren saya sudah kembali lagi ke Madiun, dan tentu saja hobi saya tidaklah hangus ditelan waktu. Akhirnya saya menyisihkan dana untuk menyalurkan hobi saya tersebut. Berikut ini adalah beberapa penampakan kolam ikan yang beberapa bulan yang lalu saya buat, namun kali ini saya tidak sanggup mengerjakan sendiri melainkan memanggil beberapa tukang bangungan yang notabene masih keluarga dan juga tetangga saya di desa :


Sementara ini dulu, saat ini kolam sudah diisi ikan lele + gurame sejak beberapa bulan yang lalu, tapi sayang saya belum sempat upadate gambar terbarunya.

Bolehlah membaca tulisan lainnya cara merawat rambut rusak dan Manfaat Yoghurt serta HRCentro Komunitas Sumber Daya Manusia Indonesia.
Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.