Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Sumbawa Barat

Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Sumbawa Barat . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali berada diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan tersebut dikenal sebagai pusat ahli kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu saudara Jateng mendirikan kerja di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yg bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, teko, and lain-lain walaupun demikian sekarang ini sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan eksterior hotel, rumah, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah dan juga internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari berbagai wilayah di Negara Kita and manca negara. Pesanan kerajinan logam bertambah cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yaitu adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi internet maka akan memudahkan para produsen kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah and banyak negara. Teknologi internet memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg tertolong yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta timur. Nggak sekedar tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke padang panjang.


Contoh Seni Tembaga yaitu robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, and lainnya. Customer juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa memiliki design sendiri setelah itu AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam kuningan beragam walaupun demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yaitu beberapa variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi sebab bahan yg dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya jg murah sebab bahan yg dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Permasalahan lain-lain, perajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa memperoleh harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh sebab tsb, produsen kerajinan tembaga tetap bermimpi stabilitas ekonomi tetap stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan wajib kreatif and wajib memantau selera pasar. Sekarang AA Gallery nggak sekedar memperoleh pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan kantor tapi sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat nggak sekedar satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas and ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari batam. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni kuningan, AA Gallery bertambah paham cara untuk menghasilkan seni kuningan yg berkualiti and sesuai yg diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yg urgen customer puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.