Produsen Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Balangan

Produsen Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Balangan . Kampung Tumang, Cepogo posisinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal . Kampung tsb dikenal sebagai sentra perajin seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Cepogo. Banyak family Cepogo-Boyolali memilih bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak konsumen. Skill menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan cuma memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, baskom, serta sebagainya akan tetapi sekarang telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan dekorasi restoran, gedung, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo, akhir-akhir ini, mulai menarik dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional ataupun internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan terus berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di NKRI serta manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya ialah munculnya teknologi website. Dg munculnya teknologi website maka akan menolong para ahli kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke seluruh daerah serta manca negara. Teknologi website amat menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bukit tinggi. Tdk cuma tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke salatiga.


Contoh Seni Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Pembeli juga bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa punya rancangan sendiri AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam kuningan amat bervariasi akan tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini ialah beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal disebabkan bahan yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), untuk pesanan dari daerah lain sudah sewajarnya secara otomatis dikenai ongkir.

Problem para pebisnis kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Permasalahan lain, pebisnis Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa meraih harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan tsb, ahli kerajinan tembaga tetap ingin stabilitas ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif serta diwajibkan memantau keinginan konsumen. Sekarang AA Gallery nggak cuma meraih pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan hotel namun telah bertambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak cuma satu saja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi sentra kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari bogor. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun memproduksi seni kuningan, AA Gallery semakin tahu teknik untuk memproduksi seni kuningan yang berkelas serta sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang penting customer puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.