Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Labuhan Batu

Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Labuhan Batu . Perkampungan Tumang, Jateng berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal . Perkampungan tersebut disebut sebagai pusat perajin seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd publik Tumang, Jateng. Lebih dari satu keluarga Cepogo-Jawa Tengah membangun bisnis rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke banyak pasar. Skill menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, alat merebus air, juga sebagainya akan tetapi sekarang ini telah bertolak ke kerajinan logam buat kebutuhan ornamen masjid, gedung, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Jateng, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan nasional atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin berkembang pesat. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di NKRI juga luar negeri. Orderan kerajinan tembaga mengalami penambahan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya merupakan adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi website maka ingin menolong para ahli kerajinan logam buat menawarkan produknya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website menolong para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke medan. Nggak cuma tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke singkawang.


Contoh Seni Logam Kuningan merupakan robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Pembeli jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai design sendiri setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam beraneka ragam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini merupakan banyak variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya jg murah disebabkan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu saja juga murah), jika orderan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja otomatis ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lain-lain, ahli Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dpt meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan harus inovatif juga harus menyesuaikan keinginan masyarakat. Masa ini AA Gallery tak cuma meraih orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior kantor tetapi telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt mengikuti kemauan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery meraih kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak cuma satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd pusat kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari jakarta barat. Bermodal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengerti teknik guna menghasilkan kerajinan tembaga yang berkualitas juga cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.