Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Aceh Tenggara

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Aceh Tenggara . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Desa tersebut disebut sbg pusat pengrajin seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak family Boyolali memilih usaha rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke beragam pasar. Keahlian mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, teko, & sebagainya tapi sekarang ini sudah bertolak ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan dekorasi cafe, kantor, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menarik dgn naiknya pesanan, baik pesanan nasional maupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di Indonesia & manca negara. Orderan kerajinan logam semakin sangat signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya ialah munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi website maka ingin menolong para produsen kerajinan tembaga untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi website cukup menolong para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke bontang. Tidak sekadar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin barat.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, & lainnya. Customer jg bisa mengorder kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka dpt memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan cukup beragam tapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini ialah beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi karena bahan yang dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para produsen kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Problem lain-lain, produsen Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa memperoleh harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh karena tsb, ahli kerajinan tembaga terus-menerus berharap kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau permintaan konsumen. Masa ini AA Gallery tak sekadar memperoleh pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan hotel tetapi sudah merambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekadar satu saja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari bekasi. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham cara guna memproduksi kerajinan tembaga yang berkualiti & cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen customer puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.