Pengusaha Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Sikka

Pengusaha Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Sikka . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Desa Tumang tsb disebut sbg sentra pengrajin kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa keluarga Boyolali membangun usaha di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Skill mengukir tembaga didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg bercerita bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekedar membuat alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, ceret, & lainnya tapi sekarang sudah beralih ke kerajinan logam tembaga buat keperluan ornamen restoran, gedung, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dgn naiknya permintaan, baik permintaan daerah ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di Negara Tercinta & manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan bertambah cukup signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya yakni adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi internet maka akan menolong para industri kerajinan tembaga buat mengiklankan produknya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi internet begitu menolong para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke gorontalo. Tak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke baubau.


Contoh Kerajinan Logam yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan begitu beraneka ragam tapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yakni banyak faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi sebab bahan baku yg dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu harganya juga murah sebab bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para produsen kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Permasalahan lain-lain, produsen Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen bisa memperoleh harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab itu, perajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan harus inovatif & harus menyesuaikan selera konsumen. Saat ini AA Gallery tidak sekedar memperoleh permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat keperluan asesoris rumah tetapi sudah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak sekedar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian menjadi sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari kendari. Dengan modal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni kuningan, AA Gallery semakin mengetahui cara untuk membuat seni kuningan yg berkelas & sesuai yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yg urgen konsumen puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.