Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Kaimana

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Kaimana . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah posisinya diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tsb disebut sbg sentra pengrajin seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak saudara di sana mendirikan usaha rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengolah logam didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, dan lainnya walau demikian sekarang ini telah berganti ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan dekorasi cafe, kantor, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah atau internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh pesat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga meningkat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya adalah adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi website maka akan menolong para produsen kerajinan logam buat mengenalkan produknya ke semua wilayah dan manca negara. Teknologi website sangat menolong para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bukit tinggi. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pekalongan.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Pembeli juga dpt memesan kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan sangat beragam walau demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini adalah beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal sebab bahan yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu saja semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lain tentu saja auto ditambah biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam juga naik. Problem lain, pengusaha Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dpt menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh sebab itu, pengrajin kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam diwajibkan kreatif dan diwajibkan memantau keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tidak sekedar menerima permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris hotel tapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari bandar lampung. Berbekal pengalaman puluhan tahun menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengerti cara untuk membuat kerajinan tembaga yang ber-quality dan cocok yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen customer puas.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.