Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Tabalong

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Prospek Kabupaten Tabalong . Perkampungan Tumang, Boyolali berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tersebut diketahui sebagai pusat pengrajin seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada publik Tumang, Boyolali. Banyak saudara Cepogo-Boyolali mendirikan usaha rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak pasar. Skill mengolah kuningan dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menceritakan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, ceret, serta lain-lain akan tetapi saat ini telah beralih ke kerajinan kuningan untuk keperluan asesoris cafe, rumah, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, sekarang, mulai menggeliat dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di Negara Kita serta luar negeri. Permintaan kerajinan tembaga meningkat begitu signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya yaitu munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi internet maka ingin memudahkan para produsen kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah serta banyak negara. Teknologi internet amat memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bandung. Tak hanya tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke lhokseumawe.


Contoh Kerajinan Logam yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan tembaga amat bermacam-macam akan tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini yaitu beberapa faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi karena bahan yang dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentu harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu semakin murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentu mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan logam tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lain, pengrajin Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dapat menerima harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh karena tersebut, ahli kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam wajib kreatif serta wajib memantau permintaan masyarakat. Kini AA Gallery tdk hanya menerima pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan interior hotel tapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai design kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk hanya satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi pusat kegiatan serta ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari tebing tinggi. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah tahu metode untuk menghasilkan kerajinan kuningan yang memiliki kualitas serta cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.