Pengrajin Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Ogan Komering Ilir

Pengrajin Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Ogan Komering Ilir . Kampung Tumang, Cepogo berada di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal itu. Kampung Tumang tersebut dikenal sbg sentra industri kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Tumang memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dg cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, baskom, and lain-lain akan tetapi sekarang telah bertolak ke kerajinan tembaga untuk keperluan asesoris restoran, kantor, and lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo, sekarang, mulai menarik dg meningkatnya orderan, baik orderan daerah dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Kita and luar negeri. Orderan kerajinan logam meningkat begitu signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yakni munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi website maka mau membantu para ahli kerajinan kuningan untuk mengenalkan produknya ke semua wilayah and berbagai negara. Teknologi website begitu membantu para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bukit tinggi. Tidak cuma itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jogja.


Contoh Kerajinan Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, and lain-lain. Konsumen jg bisa memesan kerajinan sesuai dg keinginannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yg menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan begitu bervariasi akan tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini ini yakni banyak variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yg dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah sebab bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), untuk orderan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya auto ditambah ongkir.

Kendala para perajin kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Permasalahan lain-lain, perajin Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer bisa mendapatkan harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diharuskan inovatif and diharuskan menyesuaikan selera prospek. Sekarang AA Gallery nggak cuma mendapatkan orderan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor tetapi telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menarik yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan nggak cuma satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd sentra aktivitas and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari lhokseumawe. Dengan modal pengalaman puluhan th menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk memproduksi seni logam yg ber-quality and sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg urgen customer terpuaskan.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.