Industri Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Poso

Industri Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Poso . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan tersebut diketahui sebagai pusat produsen seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd orang Tumang, Jawa Tengah. Beberapa saudara Cepogo-Boyolali mendirikan kerja di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Keahlian mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, ceret, juga sebagainya tetapi saat ini telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan eksterior hotel, gedung, juga lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai memberi harapan dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di NKRI juga luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan bertambah signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya merupakan adanya teknologi internet. Dg adanya teknologi website maka ingin menolong para perajin kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi website begitu menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke manado. Tdk hanya itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke lubuklinggau.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Konsumen juga bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt memiliki desain pribadi lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam kuningan begitu bermacam-macam tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini ini merupakan lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi karena bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya juga murah karena bahan yang digunakan juga sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu saja juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para perajin kerajinan tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lain-lain, perajin Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa menerima harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh karena itu, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga harus inovatif juga harus memantau permintaan pasar. Masa ini AA Gallery nggak hanya menerima orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior hotel namun telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan merupakan AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak hanya satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari kotawaringin barat. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah paham cara untuk memproduksi kerajinan kuningan yang memiliki kualitas juga sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.