Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Muaro Jambi

Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Muaro Jambi . Kampung Tumang, Cepogo terletak di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Kampung tsb dikenal sebagai pusat pengusaha kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Cepogo. Banyak saudara Tumang memilih usaha di rumah kerajinan logam buat dipasarkan ke beragam konsumen. Skill mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg bercerita bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn hanya membuat alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, juga lain-lain namun masa ini sudah bertolak ke kerajinan tembaga buat kebutuhan asesoris hotel, kantor, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo, kini, mulai menggeliat dgn naiknya orderan, baik orderan daerah maupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terelakan. Banyak orderan datang dari beragam wilayah di Republik Indonesia juga manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya adalah munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan logam buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi website memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yg terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke payakumbuh. Tidak hanya itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke binjai.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, juga lain-lain. Customer juga bisa memesan kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam beraneka ragam namun AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini adalah beberapa variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal karena bahan yg digunakan juga banyak, demikian sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yg digunakan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Permasalahan lain, industri Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa memperoleh harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh karena itu, ahli kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif juga diwajibkan memantau permintaan masyarakat. Saat ini AA Gallery nggak hanya memperoleh orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan buat kebutuhan hiasan rumah namun sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang design kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi nggak hanya satu sahaja tetapi cukup banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka kemudian menjadi pusat aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari bitung. Bermodalkan pengalaman puluhan thn menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin mengerti teknik untuk membuat seni logam yg berkelas juga cocok yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yg urgen pelanggan terpuaskan.

Share on Google Plus

About arisnb

Arisnbw adalah Aris Nurbawani, bukan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.